20 Nov 2012

Mokodongan Buka Sosialisasi Perpajakan

MANADOLIVE.COM, PEMPROV / Sekretaris Provinsi Sulut Ir. Siswa R Mokodongan   

MANADOLIVE.COM, PEMPROV - Sekretaris Provinsi Sulut Ir. Siswa R Mokodongan, buka pelaksanaan sosialisasi perpajakan bendaharawan se- Provinsi Sulut, di ruang Huyula Kantor Gubernur, Senin (19/11/12) siang.

Sosialisasi yang menampilkan pembicara dari BPK Pusat dan dari Direktorat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan RI ini, diikuti seluruh bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran SKPD dilingkungan pemprov Sulut.

“Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa dewasa ini peranan pajak sangat besar dalam penerimaan negara, ini tercermin didalam APBN maupun APBD Provinsi dari tahun ketahun terjadi peningkatan yang signifikan,”ujarnya.

Lanjutnya, ini tentunya mencerminkan penerimaan pajak di daerah ini sangat kondusif, dan tentunya semua itu tidak lepas dari peran bendahara pemerintah dalam melaksanakan tugasnya dalam memotong/memunggut pajak sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

“Masih banyak bendaharawan kita malas untuk menyetor pajak yang sudah dipotong itu, sehingga membuat wajib pajak khususnya wajib pajak bendahara  pemerintah mengalami kendala memenuhi kewajiban perpejakannya, tentunyahal ini akan memberi dampag negatif terhadap penerimaan negara dari sektor pajak,”semburnya seraya menambahkan, karena itu melalui sosialisasi saat ini para bendahara dapat mengikutinya dengan baik, guna menambah wawasan, pemahaman peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

“Terutama mengenai tata cara kewajiban pemotongan/pemungutan, penyetoran dan pelaporan pajak yang timbul dari berbagai transaksi pengeluaran yang terjadi dimasing-masing unit ataupun satuan kerja,” harap Mokodongan.

Sementaran itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendapatan Daerah (Penda) Sulut, Aseano Gammy Kawatu SE MSi menyebutkan, tujuan pelaksanaan sosialisasi adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan kepedulian masyarakat dan wajib pajak termasuk bendahara terhadap penegakan hulum perpajakan.

“Hal ini memberikan pembinaan, pencerahan dan wawasan kepada para bendahara  terhadap kewajiban dalam hal pemotongan, penyetoran dan pelaporan pajak agar tepat guna dan tepat sasaran demi terciptanya laporan keuangan pemerintah yang baik,”tandasnya.

Ikut hadir Direktur P2 Humas Ditjen Pajak, Kakanwil Ditjen Pajak Sulutenggo dan Malut Restu Suprayogo dan Para Prjabat Eselon II dilingungan  Pemprov.(Nan)

0 komentar:

Posting Komentar